Selasa, 21 Mei 2013

Sejarah Teknologi Fuel Injection



Salam Injection Gan.....


Kalau kita temui disetiap persimpangan jalan populasi roda dua  lebih dominan dibandingkan roda empat, apalagi penjualan kendaraan bermotor dari tahun ketahun mengalami peningkatan.
            Kira kira apa akibat dari hal tersebut..........????
1. Konsumsi bahan bakar boros sehingga persediaaan SDA dari tahun ketahun mengalami kelangkaan.
2. Emisi gas buang yang tidak ramah lingkungan. Sehingga menyebabkan polusi udara.

            Ok gan ... dari permasalahan diatas pabrikan / ATPM mengikuti Peraturan Pemerintah dengan menciptakan kendaraan bermotor yang berteknologi IRIT BB & Ramah Lingkungan.
Dan yang dimaksud diatas adalah teknologi “Fuel injection”. Sebelum kita masuk ke pengertian fuel injection, banyak yang muncul beberapa pertanyaan pada saat saya menjelaskan kepada teman – teman teknisi, siswa SMK, baik masyarakat pengguna teknologi Fuel injection, mengenai
Siapa yang menemukan teknologi Fuel Injection . . ?,
kapan fuel injection itu ditemukan . . ?
Disini saya berbagi informasi tentang pertanyaan diatas.

sejarah penemuan Teknologi Fuel Injection, yang ternyata ditemukan oleh Robert Bosch di tahun 1922.
Disebutkan bahwa teknologi ini pertama kali diterapkan pada tahun 1939. Dan hebatnya, penerapannya bukan di sepeda motor, akan tetapi di pesawat terbang (pesawat jenis Messerschmitt BF-109) oleh para ahli mesin Jerman.

Sukses diterapkan di pesawat terbang, teknologi Fuel Injection ini kemudian diterapkan juga di mobil-mobil mewah produksi Jerman, seperti pada mobil Mercedes Benz 300SL 2T di tahun 1957, dan Mercedes Benz 200 SE di tahun 1958.

YAMAHA sendiri tercatat sebagai salah satu pelopor yang menerapkan teknologi Fuel Injection pada sepeda motor di Jepang, yaitu dengan mulai menerapkan Fuel Injection System pada sepeda motor Yamaha XJ750D di tahun 1982.

Dan Yamaha XJ750D sendiri, merupakan cikal bakal dari berbagai varian motor berbasis Teknologi Injection Yamaha, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Yamaha Fuel Injection System (YFIS).
Kerja keras YAMAHA dalam pengembangan Teknologi Fuel Injection terus berlanjut hingga akhirnya YAMAHA menunjukkan Supremasinya di Sirkuit Formula 1 MotoGP.
Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan “Jawara-jawara” YAMAHA MotoGP, seperti Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo, yang merupakan pengendara sepeda motor YAMAHA dengan teknologi Fuel Injection paling Mutakhir di sirkuit MotoGP.


Akan tetapi tidak puas hanya sebatas sukses di MotoGP, YAMAHA bertekad untuk bisa menerapkan teknologi canggih Fuel Injection yang berkali-kali membawa kemenangan Team YAMAHA di MotoGP tersebut, untuk bisa diterapkan di motor-motor YAMAHA yang diproduksi Massal, sehingga bisa digunakan oleh kita semua melalui Sepeda Motor YAMAHA yang kita gunakan sehari-hari.
Dan sejak tahun 2007, YAMAHA telah berhasil mengembangkan dan menjual sepeda Motor Yamaha Vixion dengan Fuel Injection System. Dan motor tersebut, berhasil menjadi motor terlaris (terjual hingga 10.000 unit perbulan) di kategori motor sport.

(Yamaha Vixion - Sumber Foto: www.otodetik.com)

Sekian informasi dari saya dan semoga bermanfaat...

Salam Injection

Tidak ada komentar :

Posting Komentar